kalibrasi oscilloscope

Oskiloskop adalah alat elektronika untuk mengukur sinyal listrik maupun frekuensi.
oskiloskop banyak digunakan dalam pengukuran rangkaian elektronik seperti memonitoring frekuensi elektronik di rumah sakit dan untuk kegunaan lainnya.

bagi yang belum mengerti cara kalibrasi oskiloskop dapat dilihat langkah-langkah dibawah ini:

1. awalnya menghubungkan dengan jaringan listrik dan menghidupkan oskiloskop, kemudian yang harus anda amati pada layar oskiloskop yang tampak adalah harus garis lurus mendatar (jika tidak ada sinyal masukan).

2. mengatur fokus, intensitas, kemiringan, x position, dan y position. Dengan mengatur posisi tersebut kita nantinya bisa mengamati hasil pengukuran dengan jelas dan akan memperoleh hasil pengukuran dengan teliti.
   

3. mengatur tegangan referensi yang terdapat di osiloskop maka kita bisa melakukan pengkalibrasian sederhana. Ada dua tegangan referensi yang bisa dijadikan acuan yaitu tegangan persegi 2 Vpp dan 0.2 Vpp dengan frekuensi 1 KHz. 


4. Tempelkan probe pada terminal tegangan acuan maka pada layar monitor akan muncul tegangan persegi.

  • Apabila yang dijadikan acuan adalah tegangan 2 Vpp maka pada posisi 1 volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan 1 volt) harus terdapat nilai tegangan dari puncak ke puncak sebanyak dua kotak dan untuk time/div 1 ms/div (satu kotak horizontal mewakili waktu 1 ms) harus terdapat satu gelombang untuk satu kotak. 
  • Apabila yang tampat pada layar belum tepat maka perlu diatur pada potensio tengah di knob Volt/div dan time/div. Atau pada potensio dengan label "var".
cara menghitung Frekuensi

1. MENGHITUNG FREKUENSI :
Untuk Menghitung Frekuensi Gelombang Pada Tampilan Layar Oskiloskop, Kita Harus Mengetahui Dulu Periodenya Berapa?Baru Dapat menghitung Frekuensinya. Dengan Rumus:
PERIODE : T = Div Horisontal x Time/Div
FREKUENSI : F = 1/T

2. MENGHITUNG TEGANGAN PUNCAK KE PUNCAK :
Untuk Menghitung Tegangan Puncak Ke Puncak ( Vpp ) Jangan Lupa Kita Harus Mengetahui Skala Pada Volt/Div Nya Dulu Berapa Volt & Juga Tegangan Puncak Ke Puncaknya Berapa Div ( Div Vertikal ).Untuk Menghitung Vpp Kita Gunakan Rumus Sbb :
VOLT PEAK TO PEAK : Vpp = Div Vertikal x Volt/Div
 
Previous
Next Post »